Asiknya Melakukan Penelitian dan Membuat Jurnal Sistem Absensi

Sebagai seorang dosen, saya berkewajiban menjalankan Tridharma perguruan tinggi dimana salah satunya melakukan penelitian. Saya kebetulan memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan dimana tempat saya melakukan analisa kelayakan investasi pada suatu sistem. Penelitian mengharuskan saya untuk berperan sangat aktif dalam mengumpulkan data dan melakukan penilaian sehingga itulah yang menyebabkan laporan penelitian terkait dengan suatu analisa dapat memperoleh hasil yang diinginkan.

Dari penelitian pertama dan kedua, saya melanjutkan kembali penelitian saya pada organisasi yang sama dimana kali ini terkait dengan analisa penggunaan sistem absensi. Sebelumnya organisasi terkait dengan absensi karyawannya menggunakan absen secara manual yaitu melalui pengisian daftar hadir yang kemudian ditanda tangani. Saya melakukan observasi dengan mengambil sample beberapa karyawan dengan mengacu pada daftar hadir yang ditanda tangani dengan kehadiran fisik karyawan di lokasi, dari observasi yang saya lihat kebanyakan karyawan hadir tidak tepat waktu sesuai dengan waktu yang tertera pada daftar hadir sehingga dari hal tersebut terlihat sekali banyak karyawan yang melakukan penitipan absen oleh rekan kerjanya.

Setelah itu saya membandingkan dengan data absensi yang sudah menggunakan sistem di bagian back office. Setelah dilakukan perbandingan memang terlihat bahwa setiap pergerakan aktivitas karyawan dalam melakukan absen tercatat hingga detik jam server sehingga karyawan lebih disiplin dan tidak dapat memalsukan data kehadiran karyawan karena akses sistem untuk penggantian data hanya dapat dilakukan oleh beberapa admin saja. Proses kehadiran dan juga kedisiplinan karyawan juga menjadi dasar utama penilaian karyawan karena jika sebelumnya proses penilaian karyawan dari sisi kehadiran akan dilihat dari absensi daftar hadir yang ditanda tangani oleh karyawan maka saat ini proses penilaian sudah langsung diambil dari laporan kehadiran karyawan yang digenerate secara sistem. Sehingga proses penilaian lebih transparan. Proses analisa yang saya lakukan untuk penelitian ini cukup sederhana dan tergolong mudah untuk kasus ini karena dengan melihat dan membandingkan data sudah dapat terlihat jelas bahwa konsistensi data dan realitas data dipaparkan sesuai dengan kondisi yang ada dan bahkan jika terdapat revisi juga dapat terlihat dari identitas dan waktu pengedit.

Untuk prosedur yang lebih detail mengenai proses analisa terkait penelitian  yang saya lakukan dapat dilihat pada jurnal yang sudah terbit di salah satu publisher yaitu : JIT Respati





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asiknya Melakukan Penelitian dan Membuat Jurnal Sistem Absensi"

Posting Komentar