Membimbing Sebagai Penasehat Akademik

Selain memberikan pengajaran sebagai dosen di kampus, pihak kampus juga memiliki program untuk para dosen yaitu sebagai penasehat akademik, biasanya setiap dosen akan diberikan tanggung jawab untuk menangani minimal 1 kelas dalam setiap semester dan mahasiswa/i dalam 1 kelas tersebut dapat memiliki latar belakang jurusan yang berbeda-beda akan tetapi tetap berada dalam 1 semester yang sama.
Sebagai penasehat akademik, kecenderungan dosen akan memberikan informasi mengenai lingkungan kampus terkait dengan mekanisme pembelajaran, administrasi dan juga terkait ujian. Tipe mahasiswa/i pada setiap individu memiliki perbedaan dimana ada yang cukup aktif dalam menggali suatu informasi pada pengumuman di kampus, ada yang pasif dan ada juga yang kecenderungan berdasarkan informasi dari teman sebaya.
Komunikasi dan pengingat adalah 2 hal utama yang saya lakukan dalam memberikan informasi kepada mahasiswa/i saya sebagai penasehat akademik. Hal tersebut biasanya saya lakukan menggunakan sosial media baik itu Whatsapp ataupun Instagram. Selain itu untuk pengumuman, saya juga memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak kampus terkait pengiriman informasi. Sehingga dengan peran saya sebagai penasehat akademik diharapkan selain pertemuan yang didapatkan oleh mahasiswa/i di kelas oleh dosen lain, juga dapat didukung oleh saya selayaknya dosen pembimbing dalam konteks terkait kegiatan di kampus untuk kepentingan administrasi dan pengumuman yang memiliki hubungan dengan proses akademik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membimbing Sebagai Penasehat Akademik"

Posting Komentar