Kewajiban Sebagai Dosen Membuat Jurnal Penelitian Analisa Penggunaan Sistem Barcode

Masih melanjutkan salah satu kewajiban saya sebagai dosen dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi, dimana saya masih menyambung pada penelitian saya lebih lanjut dari analisa kelayakan penggunaan sistem yang pernah saya lakukan pada perusahaan dengan menggali narasumber dan melihat pola perilaku kerja dari karyawan pada divisi yang bersangkutan.
Dari penelitian pertama yang sudah dilakukan, saya juga melakukan analisa lanjutan terkait penggunaan sistem barcode karena organisasi melakukan reformasi sistem secara massif. Proses analisa ini mash dilakukan dengan prosedur yang sama yaitu dimulai dari pembuatan proposal penelitian hingga rencana anggaran yang dilakukan persetujuan oleh bagian penelitian kampus.
Prosedur analisa ini masih sama dengan penelitian pertama yaitu melakukan observasi, wawancara dan perbandingan data. Untuk penelitian ini saya menekankan pada paperless karena adanya penggunaan barcode dimana sebelumnya setiap transaksi akan menggunakan kertas yang cukup banyak dari gudang hingga backend, saya meminta data kepada pihak terkait mengenai jumlah rim kertas yang digunakan untuk melakukan proses operasional dari beberapa bulan yang kemudian saya bandingkan dengan penggunaan kertas setelah operasional penggunaan barcode dilakukan. Dari sisi operasional terkait penggunaan barcode memang lebih sederhana penggunaannya oleh para user karena hanya perlu melakukan scan dan secara data akan langsung ditampilkan pada layar komputer, hal ini karena sudah didukung oleh sistem sebelumnya sehingga seluruh prosedur sudah dapat lebih disederhanakan. Kemudian selanjutnya dari cetakan kertas yang dihasilkan juga dapat diminimalisir karena segalanya sudah paperless dari pengecekan data stok hingga operasional yang tidak memudahkan kertas kecuali untuk beberapa hal yang membutuhkan tanda tangan dari beberapa pihak.
Beberapa perhitungan analisa dan perbandingan sudah saya lakukan dan memang terlihat bahwa sejak penggunaan sistem barcode yang didukung oleh penggunaan sistem sebelumnya memperlihatkan bahwa adanya penurunan penggunaan kertas untuk operasional secara drastis sehingga penggunaan barcode untuk operasional dapat dibilang sukses dan menekan pengeluaran.
Untuk prosedur yang lebih detail mengenai proses analisa terkait penelitian  yang saya lakukan dapat dilihat pada jurnal yang sudah terbit di salah satu publisher yaitu :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kewajiban Sebagai Dosen Membuat Jurnal Penelitian Analisa Penggunaan Sistem Barcode"

Posting Komentar