Membimbing Tugas Akhir Mahasiswa

Pada artikel ini, penulis akan menceritakan secara rangkuman terkait hal-hal dan pengalaman apa saja yang didapatkan oleh penulis sebagai pembimbing TA mahasiswa/i. Sebelumnya bagi seorang dosen membimbing mahasiswa/i merupakan salah tugas dan kewajiban yang tergabung dalam Tri Dharma dosen dalam perguruan tinggi dan menjadi tantangan tersendiri bagi dosen karena dosen bertanggung jawab terkait potensi kelulusan peserta ketika mengikuti sidang. Bidang khusus saya dalam bimbingan mahasiswa yang menjadi point utama adalah bidang sistem informasi.

Dari pengalaman yang sudah saya dapatkan dapat saya rangkumkan bahwa setiap mahasiswa/i memiliki keunikan masing-masing dimana ciri-ciri mahasiswa yang sangat ambisius, santai SKS (Sistem Kebut Semalam) dan ada juga yang harus dinasehati dan diberikan semangat secara terus menerus baru melaksanakan kewajibannya. Selain itu setiap mahasiswa/i juga memiliki pemahaman yang berbeda-beda ketika mengikuti bimbingan dimana hal yang paling terlihat jelas adalah ketika bimbingan untuk mahasiswa/i kelompok seperti perbedaan pendapat, perselisihan karena porsi kerja yang berbeda hingga perselisihan karena rasa jengkel berada dalam 1 kelompok yang perlu saling mendukung satu sama lain.

Sebagai dosen terkait hal tersebut bagi saya merupakan sebuah tantangan karena saya harus memberikan pengarahan yang dapat diterima oleh semua pihak dan juga berusahan menjadi penengah ketika perselisihan terjadi karena saya selalu berpikir bahwa di saat seperti itulah seorang dosen seharusnya bertindak karena diibaratkan mahasiswa bimbingan merupakan anak titipan yang harus dibantu dan diarahkan untuk mencapai tujuan akhir yaitu kelulusan. Sehingga sebagai dosen saya cukup menikmati proses bimbingan.

Terkait judul bimbingan mahasiswa/i yang saya tangani cukup banyak dimana judul-judul tersebut tidak dapat saya tuliskan seluruhnya di blog ini tetapi saya sangat banyak membahas dan membimbing mahasiswa/i untuk bidang Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Secara keseluruhan selama proses bimbingan TA saya sangat puas begitu juga dengan feedback yang saya terima dari mahasiswa/i bimbingan saya. Saya selau berharap bahwa bimbingan yang telah dilakukan dapat memberikan kelulusan bagi mereka dan juga persiapan bagi mereka yang akan melanjutkan karir dibidang yang sama ataupun melanjutkan pendidikan mereka selanjutnya di semester depan untuk memenuhi pendidikan S1 yang akan berlanjut ke skripsi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membimbing Tugas Akhir Mahasiswa"

Posting Komentar